6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Rumah atau Apartemen di Jakarta Selatan

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Rumah atau Apartemen di Jakarta Selatan

Menemukan hunian yang ideal di Jakarta Selatan, kawasan metropolitan yang dinamis dan penuh pesona, bisa menjadi sebuah petualangan.

Bagi yang belum siap berkomitmen jangka panjang, memiliki mobilitas tinggi, atau ingin mencoba tinggal di berbagai lokasi lebih baik menyewa properti di Jakarta daripada membeli.

Menyewa menawarkan fleksibilitas dan kemudahan, memungkinkan anda pindah tempat tinggal dengan mudah sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda tidak perlu pusing dengan biaya perawatan dan pemeliharaan properti.

Jika anda yang ingin menyewa apartemen atau rumah di sana, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor kunci sebelum mengambil keputusan.

Lokasi strategis

Siapa yang tidak menginginkan hunian yang mudah diakses dan dekat dengan berbagai fasilitas penting? Lokasi strategis merupakan salah satu faktor terpenting dalam memilih hunian yang ideal.

Pilihlah hunian yang dekat dengan tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda dalam beraktivitas sehari-hari.

Fasilitas lengkap

Memilih hunian bukan hanya tentang lokasi dan harga, tetapi juga tentang fasilitas yang ditawarkan.

Perhatikan fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen atau rumah. Fasilitas seperti kolam renang, gym, taman, dan keamanan 24 jam dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup Anda.

Nilai praktis

Selain estetika dan kenyamanan, perhatikan juga nilai praktis hunian. Tata ruang yang efisien, luas ruangan yang memadai, dan ketersediaan tempat penyimpanan yang cukup merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda di hunian tersebut.

Pastikan hunian yang Anda pilih memiliki tata ruang yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti jumlah anggota keluarga, kebiasaan sehari-hari, dan kebutuhan penyimpanan barang-barang Anda.

Pilihlah hunian dengan luas ruangan yang memadai agar Anda dapat beraktivitas dengan nyaman. Ketersediaan tempat penyimpanan yang cukup juga penting untuk menjaga kerapian dan kebersihan hunian Anda. Dengan memperhatikan nilai praktis hunian, Anda dapat memastikan bahwa hunian tersebut tidak hanya indah dan nyaman, tetapi juga fungsional dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jaminan keamanan

Keamanan adalah hal yang tak boleh diabaikan saat memilih hunian. Perumahan yang ideal haruslah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai untuk memastikan kenyamanan dan ketenangan Anda dan keluarga.

Carilah hunian yang memiliki CCTV di area strategis, satpam yang berjaga 24 jam, dan akses kontrol yang ketat untuk tamu dan penghuni. Pastikan juga pagar keliling perumahan kokoh dan terawat untuk meminimalisir potensi tindak kriminal. Dengan sistem keamanan yang mumpuni, Anda dan keluarga dapat beraktivitas dengan tenang dan nyaman di dalam hunian.

Privasi

Bagi Anda yang menghargai privasi, pilihlah hunian dengan tingkat kebisingan yang rendah dan desain yang memaksimalkan privasi antar penghuni. Carilah hunian yang terletak di area yang tenang, jauh dari jalan raya dan keramaian. Perhatikan juga desain bangunan dan tata letak ruangan.

Pilihlah hunian dengan taman atau area hijau yang dapat membantu meredam kebisingan. Desain interior yang cerdas juga dapat membantu menjaga privasi, seperti penggunaan partisi ruangan dan pintu yang kokoh. Dengan memilih hunian yang tepat, Anda dapat menikmati ketenangan dan privasi yang Anda inginkan.

Keleluasaan finansial

Keleluasaan finansial merupakan kunci utama dalam menentukan tempat tinggal yang ideal.

Pastikan biaya sewa apartemen atau rumah sesuai dengan anggaran Anda. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti listrik, air, internet, dan biaya lainnya.

Idealnya, total biaya sewa dan biaya tambahan tidak lebih dari 30% dari pendapatan Anda. Hal ini penting untuk menjaga stabilitas keuangan Anda dan menghindari kesulitan di masa depan.

Tips:

  • Lakukan riset online dan bandingkan berbagai pilihan apartemen atau rumah di Jakarta Selatan.
  • Kunjungi langsung hunian yang Anda minati untuk merasakan suasananya secara langsung.
  • Bicaralah dengan penghuni lain untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.
  • Gunakan jasa agen properti terpercaya untuk membantu Anda menemukan hunian yang ideal.

Keuntungan sewa rumah (kontrak) vs sewa apartemen di Jakarta Selatan

Memilih tempat tinggal di kota metropolitan Jakarta bisa membingungkan, antara sewa rumah (kontrak) atau sewa apartemen. Berikut tabel perbandingan keuntungannya:

Fasilitas Sewa Rumah (Kontrak) Sewa Apartemen
Fasilitas Tergantung rumah, umumnya lebih luas dan lengkap (misalnya taman, garasi) Fasilitas lengkap seperti kolam renang, gym, keamanan 24 jam
Luas hunian Lebih luas, cocok untuk keluarga Lebih kecil, cocok untuk individu atau pasangan
Perawatan Tanggung jawab penyewa Ditangani pengelola apartemen
Lokasi Variatif, bisa di area perumahan atau jalanan umum Terbatas di area gedung apartemen

6 Rekomendasi Apartemen Disewakan di Jakarta Selatan

Jika anda memutuskan untuk tinggal di apartemen and tengah mencari unit kamar di Jakarta Selatan dengan lokasi strategis, nyaman, dan memiliki fasilitas lengkap, berikut Lets Move Group memberikan 6 rekomendasi apartemen disewakan di Jakarta Selatan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Sudirman Mansion SCBD

Apartemen Sudirman Mansion, Jakarta Selatan

Sudirman Mansion adalah hunian privat mewah bintang 5 yang berlokasi di kawasan utama SCBD, tepat di jantung Sudirman, Jakarta Selatan.

Dikelilingi oleh berbagai gedung perkantoran, toko-toko premium, dan berada dalam jarak yang mudah ditempuh jalan kaki dari stasiun MRT, SCBD adalah salah satu kompleks apartemen dengan lokasi paling strategis di Jakarta.

Dikarenakan lokasinya yang luar biasa, kualitas bangunan yang tinggi, serta fasilitasnya yang fantastis, kompleks apartemen ini menjadi salah satu tempat tinggal yang paling diminati di Jakarta!

Unit yang tersedia di Sudirman Mansion meliputi:

  • 2 Kamar Tidur, 94 meter persegi
  • 3 Kamar Tidur, 145 meter persegi
  • 3 Kamar Tidur, 175 meter persegi
  • 3 Kamar Tidur, 239 meter persegi

Harga Sewa: Rp. 21.000.000 – Rp. 52.000.000

Lihat lebih lanjut

2. Ciputra World 2, Jakarta Selatan

residence ciputra world
Ciputra World Residence, Jakarta Selatan

Jauh dari hiruk pikuk lalu lintas Jakarta, terdapat 2 apartemen tersembunyi: The Orchard dan The Residence. Apartemen ini sangat luar biasa dan dilengkapi dengan fasilitas yang mengesankan, seperti kolam renang rooftop, kolam renang biasa, sauna, lapangan tenis, area BBQ, ruang keluarga dan ruang santai, area bermain anak & penitipan, restoran dan minimarket, gym, studio yoga, bar rooftop, serta pemandangan Jakarta yang menakjubkan!

Apartemen di sini adalah salah satu permata tersembunyi Jakarta! Manfaatkanlah salah satu rahasia terbaik yang dimiliki Jakarta!

Unit yang tersedia di Ciputra World 2 meliputi:

  • 1 Kamar Tidur: Luas 40 – 53 meter persegi
  • 1 + 1 Kamar Tidur: Luas 64 meter persegi
  • 2 Kamar Tidur: Luas 78 meter persegi
  • 2 + 1 Kamar Tidur: Luas 104 – 112 meter persegi
  • 3 + 1 Kamar Tidur: Luas 144 meter persegi

Harga Sewa: Rp. 14.000.000 – Rp. 35.000.000

Lihat lebih lanjut

3. Somerset Kuningan

Apartemen Somerset Sudirman, Jakarta Selatan

Hunian Somerset Grand Citra terletak di area yang dikenal sebagai “The Golden Triangle” (Segitiga Emas), tepat di jantung kawasan bisnis dan perbelanjaan utama Jakarta. Hanya selangkah dari sana, Anda bisa mengakses beberapa pusat bisnis, pendidikan, dan hiburan utama kota, termasuk Ciputra World 1, bangunan terpadu yang mencakup pusat perbelanjaan kelas atas – Lotte Shopping Avenue, dan ArtPreneur Center yang merupakan gabungan museum, galeri seni, dan teater.

Untuk mengenal kekayaan budaya Indonesia, penghuni dapat dengan mudah melakukan perjalanan ke Lapangan Merdeka, yang hanya berjarak 30 menit berkendara. Di sini, Anda akan menemukan sejumlah museum, teater, dan ruang pameran yang didedikasikan untuk kekayaan sejarah dan keberagaman budaya Indonesia.

Harga Sewa: Rp36.000.000

Lihat lebih lanjut

4. Raffles Residence Kuningan

Apartemen Raffles Residence, Kuningan Jakarta.

Raffles Residences Jakarta berlokasi di pusat bisnis Jakarta, tepatnya di dalam area Ciputra World Jakarta, sebuah pengembangan apartemen mewah di ibukota yang terdiri dari pusat perbelanjaan butik premium, gedung perkantoran, dan museum seni.

Properti ini menghadirkan 80 unit untuk hunian yang luas dan mewah. Dengan layanan dan keramahan khas brand Raffles Jakarta, pemilik Raffles Residences dapat mengantisipasi pengalaman tinggal yang tak tertandingi di tengah kota.

Harga Sewa: Rp. 12.500.000 – Rp. 135.000.000

Lihat lebih lanjut

5. Senayan Residence, Jakarta Selatan

Apartemen Senayan Residence, Jakarta Selatan

Berlokasi di kawasan Senayan yang populer, Senayan Residence adalah hunian ideal untuk Anda yang bekerja di pusat kota dan mencari tempat tinggal aman namun nyaman untuk beristirahat setelah hari yang sibuk.

Dibangun pada tahun 2007, kompleks apartemen yang luas ini dirancang untuk menciptakan lingkungan sempurna bagi para penghuninya. Fasilitasnya sangat luar biasa, cocok untuk pekerja profesional atau keluarga. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang, golf diving range, taman bermain anak, restoran, supermarket, pusat kebugaran dengan studio, lapangan tenis dengan pemandangan kota, lapangan squash, area tenis meja, dan banyak tempat duduk outdoor untuk bersantai.

Harga Sewa: Rp. 15.000.000 – Rp. 31.500.000

Lihat lebih lanjut

6. Ascott: My Home, Jakarta Selatan

Ascott Apartment Sudirman, Jakarta Selatan

My Home by Ascott adalah apartemen pribadi yang luas dan berlokasi di sebelah Lotte Avenue. Kompleks ini memiliki beragam fasilitas menarik seperti kolam renang, lounge, bar, restoran, lapangan tenis/basket, area bermain anak, dan akses langsung ke mal.

Karena apartemen-apartemen ini dimiliki secara pribadi, harganya jauh lebih murah daripada apartemen berlayanan setara, tetapi Anda tetap mendapatkan keuntungan tinggal di kompleks eksklusif tersebut.

Unit yang tersedia di My Home by Ascott Kuningan Jakarta meliputi:

  • 2 Kamar Tidur 136 meter persegi
  • 2+1 Kamar Tidur 142 meter persegi
  • 3 Kamar Tidur 175 meter persegi

Harga Sewa: Rp43.000.000 – Rp72.000.000

Lihat lebih lanjut

Mengapa memilih Lets Move Group untuk sewa apartemen?

Lets Move Group adalah perusahaan konsultan properti terpercaya yang berfokus pada membantu Anda menemukan apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda di Jakarta. Tim profesional kami yang berpengalaman dan berdedikasi akan membantu Anda di setiap langkah prosesnya.

 Hubungi Lets Move Group sekarang dan temukan apartemen impian Anda di Jakarta!

Get Your Free Consultation

Berita Terbaru

Memiliki apartemen merupakan salah satu pilihan hunian yang populer di masa kini. Namun, sebelum membeli apartemen, penting untuk memahami perbedaan antara Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) dan Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKGB). SHMSRS adalah bukti kepemilikan atas unit apartemen, yang merupakan bagian dari sebuah bangunan bertingkat. Sertifikat ini memberikan hak penuh kepada […]

Bagi banyak orang Indonesia, memiliki properti merupakan salah satu investasi penting dalam hidup. Baik itu rumah tinggal, apartemen, ataupun tanah, properti dapat menjadi sumber keamanan finansial dan stabilitas di masa depan. Namun, di balik kebahagiaan memiliki properti, seringkali aspek penting dalam kepemilikan properti terabaikan, yaitu persiapan untuk masa depan, terutama dalam hal warisan. Membuat akta […]

Menemukan hunian yang ideal di Jakarta Selatan, kawasan metropolitan yang dinamis dan penuh pesona, bisa menjadi sebuah petualangan. Bagi yang belum siap berkomitmen jangka panjang, memiliki mobilitas tinggi, atau ingin mencoba tinggal di berbagai lokasi lebih baik menyewa properti di Jakarta daripada membeli. Menyewa menawarkan fleksibilitas dan kemudahan, memungkinkan anda pindah tempat tinggal dengan mudah […]

Membeli properti di Indonesia dengan PT PMA, apakah bisa? PMA, atau Penanaman Modal Asing adalah bentuk entitas legal yang dapat digunakan oleh investor asing untuk memiliki perusahaan di Indonesia. Selain fungsi korporasi tersebut, PT PMA disebut juga sebagai cara paling aman bagi orang asing untuk memiliki properti di Indonesia. PT PMA memungkinkan perusahaan asing untuk […]

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan solusi finansial bagi individu yang ingin memiliki rumah tanpa harus mengeluarkan seluruh dana sekaligus. KPR umumnya menggunakan aset pribadi sebagai jaminan, namun, bolehkah menjaminkan aset perusahaan untuk KPR? Jawabannya, ya, KPR dengan jaminan aset perusahaan dimungkinkan. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis entitas legal perusahaan dan ketentuan […]

Industri properti di Indonesia digadang menjadi salah satu investasi paling stabil sejak 2021. Industri properti merupakan salah satu leading sektor yang menggerakan perekonomian Indonesia dengan realisasi investasi industri properti yang mampu menduduki peringkat ke 4 terbesar melalui kontribusi sektor properti terhadap PDB Indonesia sebesar 14-16% setiap tahunnya. Oleh karenanya, memiliki properti di Indonesia baik untuk […]

Primary Property

Interest Rate

Floating Rate

Primary Mortage

Rate information

Interest rate is 4.7% fixed for the first 3 years, after that, the rate will move to a floating rate (currently 11%)

Requirements

  • Permanent employee/self-employed for at least 1 year in the same company/total 2 years of work
  • Professional/Businessman working for at least 2 years in the same field
  • At least 18 years old or married

General Personal Requirements

  • Photocopy of husband’s / wife’s ID card (if married)
  • Photocopy of Family Card
  • Copy of Marriage Certificate (if married)
  • Photocopy of Tax ID Number of Applicant
  • Salary Slip / Certificate of Income for the last 1 month original
  • Photocopy of 3 months bank statements
  • Developer’s House Booking Letter / Broker’s Cover Letter

*Disclaimer